Home / Pembinaan Satuan / DANKODIKLAT TNI BUKA PENDIDIKAN SUSJAB KIMIL, SUSJAB ORMIL DAN SUSPATERA TNI TA 2020

DANKODIKLAT TNI BUKA PENDIDIKAN SUSJAB KIMIL, SUSJAB ORMIL DAN SUSPATERA TNI TA 2020

(Serpong), Undang-undang Dasar 1945 menyatakan bahwa “Indonesia adalah negara hukum”, (rechtstaat) dan bukan negara kekuasaan (machstaat), sehingga seseorang yang diduga melakukan suatu tindak pidana tidak bisa langsung dihukum tanpa melalui proses hukum. Harus ada mekanisme dalam menangani dugaan tindak pidana sesuai hukum yang berlaku (due process of law) dari penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan proses pengadilan untuk menentukan sesorang itu bersalah atau tidak bersalah melalui putusan pengadilan. Hal ini disampaikan Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI Kasim Genawi, S.I.P., M.Tr. (Han)., C.Fr.A dalam amanatnya saat membuka pendidikan Susjab Kimmil TNI XXII, Susjab Ormil TNI XXVIII dan Suspatera TNI XXIII TA 2020 di Mako Kodiklat TNI Serpong, Tangerang Selatan, Jum’at (28/8), yang dihadiri oleh perwakilan dari Dirjen Badilmiltun MA RI, perwakilan dari Babinkum TNI, perwakilan dari Dilmiltama, perwakilan dari Orjen TNI serta pejabat teras Kodiklat TNI.

Tujuan dilaksanakannya Susjab Kimmil adalah untuk mengembangkan kemampuan perwira hukum agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai hakim militer, sedangkan Susjab Ormil bertujuan untuk mengembangkan kemampuan perwira menengah TNI agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai oditur militer, begitu juga dengan Suspatera diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan perwira pertama TNI agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai panitera.

Kemudian Komandan Kodiklat TNI menekankan kepada para siswa agar meningkatkan semangat dan motivasi belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di satuan masing-masing dan masih di tengah-tengah masa pandemi covid-19, jaga kesehatan dan laksanakan protokol kesehatan selama mengikuti pendidikan.

About Admin Kodilat TNI

Check Also

PENATARAN GADIK/GAPENDIK KODIKLAT TNI TA 2020 DI BUKA

(Penkodiklat TNI). Wadan Kodiklat TNI Marsma TNI Eko Dono Indarto membuka penataran Gadik/Gapendik Kodiklat TNI …