Home / Pembinaan Teritorial / SOSIALISASI RUMAH LAWAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KODIKLAT TNI

SOSIALISASI RUMAH LAWAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KODIKLAT TNI

         (Serpong), Coronavirus merupakan keluarga besar virus penyakit infeksi saluran nafas dengan ukuran diameter partikel virus sekitar 120 nm ( 10‾⁹ ). Menular diantara orang – orang melalui tetesan pernafasan (droplet) dan aerosol dari batuk dan bersin – bersin serta tidak menular melalui udara atau nyamuk, lalat , tikus dll. Hal ini disampaikan dr. Suhara Manulang dari gugus tugas covid-19 Kota Tangsel bidang penanganan dalam acara sosialisasi pembangunan tempat penampungan sementara ODP covid-19 di lingkungan Kodiklat TNI yang dipimpin Wadan Kodiklat TNI Marsma TNI Eko Dono, S.I.P di Mako Kodiklat TNI, Serpong Tanggerang Selatan, Kamis (9/4) yang dihadiri juga oleh Camat Serpong serta Lurah Buaran Serpong Tangsel.

        Menurut Wadan Kodiklat TNI, dalam sambutannya menyatakan “Penanganan covid-19 membutuhkan perhatian tidak dengan satu pihak tapi seluruh pihak, seluruh komponen masyarakat dalam mengatasi covid di lingkungan masing-masing. Mudah-mudahan sosialisasi ini dapat memberikan suatu gambaran bagaimana sesungguhnya covid itu dan bagaimana menangani covid itu. Semakin bertambahnya jumlah korban yang terpapar khususnya , pemerintah Tanggerang Selatan berupaya mengisolasi untuk memperkecil dampak dari penyebaran virus corona melalui lokalisasi tempat yang salah satu tempat yang dipilih berada dekat dengan lingkungan Kodiklat TNI tepatnya di kawasan pertanian terpadu kota Tangsel. Kita sebagai TNI berkesempatan untuk memberikan sumbangsih dengan tulus dan ikhlas dalam menunjukan kemuliaan hati kita sendiri. Kita sedang dituntut oleh lingkungan bahwa kita sebagai TNI sesuai dengan perintah dari pimpinan TNI, bahwa TNI dimanapun berada harus membantu penuh terhadap tugas-tugas pemerintah dan satgas dalam rangka menanggulangi covid-19”.

        Sementara dr. Suhara Manulang menyampaikan bahwa, untuk meredam penularan Covid 19 di Tangsel harus dilakukan secara agresif dan dalam sekala besar dengan prinsip : memisahkan yang sakit dari yang sehat dengan konsep karantina terpusat dengan nama “Rumah Lawan Covid 19”, dengan menggunakan fasilitas pemerintah atau sarana pinjam pakai bagi kasus dan suspek Covid 19 yg dikenal dengan ODP dan PDP untuk pencegahan penularan di dalam rumah yang diakibatkan isolasi mandiri yang tidak efektif.

            Penyebab tidak efektifnya isolasi mandiri menurut dr. Suhara adalah dikarenakan permukiman yang padat penduduk, bercampurnya orang muda (potensial  pembawa virus) yang tinggal dengan orang  tua dan kakek nenek (kelompok rentan), dan Isolasi mandiri bersifat sukarela (voluntary /  honorary system), yang memungkinkan  kasus dan suspek tetap dapat berjalan-jalan  dan menularkan ke masyarakat umum.

          Kemudian dr. Dessy Rizkyana Utami (dokter Kesehatan Kodiklat TNI) menghimbau bagi personel Kodiklat TNI yang sudah melaksanakan dinas luar kedaerah/tempat lain dimohon untuk meyampaikan kepada dokter yang ada di Satuan Kesehatan Kodiklat TNI apabila ada keluhan yang dirasakan, sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin dalam rangka memutus penyeberan covid-19 di lingkungan Kodiklat TNI.

 

About Admin Kodilat TNI