Home / Pembinaan Satuan / TNI LAKSANAKAN LANGKAH SOCIAL DISTANCING SECARA SEREMPAK

TNI LAKSANAKAN LANGKAH SOCIAL DISTANCING SECARA SEREMPAK

           (Serpong), Merebaknya kasus wabah virus corona covid-19 yang berasal dari Wuhan China, menjadi realita sosial yang harus dihadapi, karena berdampak pada kematian. “WHO  telah  menetapkan  covid-19 sebagai  pandemi. Di  Indonesia  sendiri  saat ini telah terdapat 134 pasien positif covid-19. Terdapat  pula  orang  dalam  pemantauan dan pasien dalam pengawasan di beberapa daerah”, tegas Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI Kasim Genawi, S.I.P., M.Tr. (Han)., C.Fr.A. pada apel luar biasa personel Kodiklat TNI yang dilaksanakan di lapangan apel Kodiklat TNI, Serpong, Tanggerang Selatan, Selasa (17/3).

           Saat  ini  pemerintah  telah  memberi pedoman  beberapa  protokol  yang  harus diikuti.  Presiden  juga  telah  berulang  kali memberikan  penjelasan  sebagai  pedoman bagi  seluruh  rakyat  serta  kementrian, lembaga,  dan  instansi pemerintah  lainnya. Saat  ini bergantung pada kita semua untuk disiplin  dalam menjalankan  semua  protokol dan  langkah-langkah  yang  dianggap  perlu. Hindari menyebarkan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya dan membuat resah.

           Sebagai  prajurit,  Panglima TNI menegaskan TNI  harus membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman yang benar kepada keluarga dan masyarakat di  sekitar  kita.  Langkah  social  distancing harus  dilaksanakan  secara  serempak  dan dalam  waktu  yang  cukup  untuk menghentikan  penyebaran  covid-19. Kekuatan minimum efektif diharapkan dapat mendukung  langkah  tersebut, dengan  tetap memungkinkan  satuan  dan  organisasi melaksanakan   tugas  dengan   efektif. Kebiasaan hidup sehat harus terus dilakukan disertai  dengan  kewaspadaan  bila mengalami gejala-gejala yang menunjukkan kemungkinan tertular.

            Sejak  awal  merebaknya  penyakit  ini, TNI telah mengeluarkan beberapa pedoman bagi  satuan,  prajurit  TNI  dan  keluarganya. TNI  juga  dilibatkan  dalam  penanganan, termasuk dalam mengevakuasi WNI dari Wuhan  maupun  kapal  pesiar  diamond princess  dan  world  dream.  Prajurit  TNI senantiasa  menjadi  yang  terdepan  setiap saat  negara  membutuhkan.  “Saya  sangat bangga atas kesiapan dan pengabdian tidak kenal  lelah  dari  prajurit – prajurit  TNI  dalam melaksanakan  tugas  yang  diberikan  oleh Negara”, tambah Panglima TNI.

            Adanya pelibatan TNI dalam berbagai bencana yang terjadi dan berbagai kegiatan lainnya, Panglima TNI telah memerintahkan kepada  setiap satuan  untuk  mewaspadai  kemungkinan pelibatan dalam berbagai  tugas  yang dapat diberikan  setiap  saat.  Laksanakan  terus pembinaan  satuan  dengan  baik,  dengan tetap  memperhatikan  dan  menjalankan langkah – langkah  yang  telah ditetapkan oleh pemerintah.  Pedomani  dan  laksanakan petunjuk yang telah diberikan komando atas, agar  tugas dapat berjalan dengan baik dan prajurit  serta  keluarganya  tetap  dalam keadaan sehat.

About Admin Kodilat TNI

Check Also

92 ORANG MANTAN SISWA PRODI KHUSUS SEPA PK, RESMI DITUTUP

Komandan Pusat Pendidikan Pertama (Danpusdikma) Kodiklat TNI Brigjen TNI Herianto Syahputra, S.I.P.,M.Si., resmi Menutup Pendidikan …