Home / Pembinaan Satuan / KODIKLAT TNI SIAP MENDUKUNG KEBIJAKAN PIMPINAN TNI

KODIKLAT TNI SIAP MENDUKUNG KEBIJAKAN PIMPINAN TNI

       (Serpong), Kodiklat TNI merupakan salah satu balakpus TNI yang memiliki tugas dan fungsi menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan pertama integratif, pendidikan pengembangan spesialisasi, latihan tni yang bersifat trimatra dan latihan kesiapsiagaan operasional Kotama Ops. tentunya agar tugas dan fungsi tersebut dapat terselenggara dengan baik dan mencapai sasaran yang diinginkan, perlu dilaksanakan suatu pembinaan yang berkesinambungan, penerapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang ketat  serta diikuti dengan pengawasan dan pemeriksaan yang terukur oleh tim pengawas dan pemeriksa baik internal maupun eksternal.

           Sehubungan dengan hal terbut Dankodiklat TNI dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Kodiklat TNI Marsekal Pertama TNI Eko Dono I, S.I.P. dalam acara Entry Briefing Wasrik Itjen TNI di Kodiklat TNI pada Selasa (11/2), bahwa Dankodiklat Brigadir Jenderal TNI Kasim Genawi, S.I.P., M. Tr (Han)., C.Fr.A. telah menginstruksikan jajarannya untuk bekerja secara maksimal dengan berpedoman pada ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, “selaku pimpinan sekaligus penanggungjawab seluruh kegiatan dan program kerja serta anggaran di Kodiklat TNI, saya sudah menginstruksikan sejak awal kepada para direktur, para danpusdik dan danpuslat serta seluruh anggota dijajaran kodiklat tni untuk bekerja secara maksimal ditengah berbagai keterbatasan baik personel maupun material dengan mempedomani ketentuan dan peraturan perundang undangan yang berlaku, dilandasi semangat yang tinggi untuk membangun kodiklat tni menjadi yang lebih baik, kami di kodiklat tni siap menjabarkan dan mengimplementasikan  apa yang menjadi penekanan pimpinan dan irjen tni bahwa tidak boleh ada korupsi di tubuh TNI,  efektivitas dan efisiensi anggaran harus dapat dilaksanakan secara tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran dan akuntabel serta tekad bahwa tahun ini “wtp harus bisa” tegas Dankodiklat TNI. 

          Selanjutnya Dankodiklat TNI siap mendukung sepenuhnya untuk melaksanakan apa yang sudah digariskan dan menjadi kebijakan pimpinan TNI serta berupaya sesuai kemampuan yang dimiliki secara optimal sehingga dapat  memberikan kontribusi positif terhadap hasil pemeriksaan dan penilaian yang akan dilaksanakan oleh BPK RI terhadap program dan anggaran tahun 2019 dalam rangka mewujudkan opini wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion).

           Kemudian Dankodiklat TNI sangat menyambut baik kedatangan tim wasrik Itjen TNI dijajaran Kodiklat TNIi, karena kegiatan wasrik pada dasarnya merupakan sarana penilaian atas kinerja Kodiklat TNI oleh pejabat formal struktural, sehingga apabila didapatkan kondisi atau temuan yang dinilai menyimpang atau tidak sesuai dengan norma dan kaidah yang sudah ditentukan, sehingga perlu diadakan koreksi  pembetulan agar sasaran yang diharapkan dapat tercapai secara profesional.

Dankodiklat TNI juga berharap kegiatan wasrik ini dapat menjadi pemicu jajaran Kodiklat TNI untuk selalu memperhatikan dan mempedomani prinsip prinsip kepatuhan terhadap peraturan dan perundang undangan yang berlaku, transparansi, akuntabilitas, efisiensi, efektif dan ekonomis dalam setiap pelaksanaan program kerjanya.

         Sementara Ketua tim wasrik Itjen TNI, Kolonel Laut (P) Heru Supriyanto, M.M., M.MAR., C.Fr.A. menegaskan bahwa, “Itjen TNI selaku aparat pengawas internal mengharapkan dengan hadirnya Itjen TNI di Kodiklat TNI merupakan bahwa satker tersebut secara administrasi sudah tertib, artinya kalau pihak eksternal akan masuk ke Kodiklat TNI kita yakin bahwa sudah dilaksanakan pemeriksaan sebelumya, kemudian Itjen TNI akan memberikan peringatan dini terhadap hal-hal yang sudah dikerjakan Kodiklat TNI apakah sudah berpatokan sesuai aturan atau belum”.

            Hadir pada acara entry briefing Itjen TNI tersebut Inspektur Kodiklat TNI, para Direktur, Danpuslat, para Danpusdik Kodiklat TNI serta para pejabat terkait di jajaran Kodiklat TNI.

About Admin Kodilat TNI

Check Also

92 ORANG MANTAN SISWA PRODI KHUSUS SEPA PK, RESMI DITUTUP

Komandan Pusat Pendidikan Pertama (Danpusdikma) Kodiklat TNI Brigjen TNI Herianto Syahputra, S.I.P.,M.Si., resmi Menutup Pendidikan …