Home / Pembinaan Satuan / DANKODIKLAT TNI BUKA PENDIDIKAN PA PK KHUSUS TENAGA KESEHATAN TA 2019

DANKODIKLAT TNI BUKA PENDIDIKAN PA PK KHUSUS TENAGA KESEHATAN TA 2019

(Puspen TNI)-Komandan Komando Pendidikan, Latihan dan Doktrin Pendidikan TNI (Dankodiklat TNI) Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. menyampaikan, menjadi Perwira TNI tidaklah mudah, selain saringan tes yang padat dan ketat, pada tahap  Dasar  Keprajuritan (Sarit)  akan  mengalami  pendidikan  yang  sangat  berat karena akan digodok  dan  digembleng  secara fisik  maupun  mental untuk merubah  pola  pikir, sikap  dan tindak perilaku  menjadi  perwira  TNI masa  depan  yang  memiliki  integritas  pribadi dan kemauan yang  kuat.

 “Tahapan tes yang panjang dan ketat telah berlalu, sekarang siapkan fisik dan mentalmu untuk menghadapi “mimpi buruk” selama beberapa bulan ke depan, yakni digodok dan digembleng dalam pendidikan dasar keprajuritan yang tak kenal kompromi,” tegas Dankodiklat TNI dalam pembukaan Pendidikan bagi 185 calon siswa Pendidikan Karier (Se Pa PK) khusus tenaga kesehatan Angk tahun 2019 di Lapangan Pancasila, Akmil, Lembah Tidar Magelang, Jum’at (3/05).

Lebih lanjut Dankodiklat TNI mengatakan, dalam setiap tahunnya, Kodiklat TNI sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Mabes TNI , meluluskan satu angkatan Pa Pk reguler dan Pa Pk khusus tenaga Kesehatan , yakni perwira yang berasal dari sumber sarjana. Siswa Pa Pk yang dulu dikenal dengan Wamil (Wajib Militer) ini, akan menjalani pendidikan  dasar selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan 2,5 bulan dan pendidikan kematraan 1,5 bulan.

Tiga bulan pertama merupakan fase yang paling berat, karena siswa akan digodok dan digembleng secara ketat, keras dan tak kenal kompromi siang dan malam. Seiring pendidikan yang ketat, disiplin dan keras namun tanpa kekerasan tersebut, dinilainya penting dalam menyiapkan prajurit handal untuk mewujudkan cita-cita membangun postur yang besar, kuat, profesional dan solid serta disegani di kawasan Asia. Dengan demikian Dankodiklat menekankan “ Pertama: siapkan mental, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua: Segera sesuaikan diri di lingkungan pendidikan dan patuhi segala peraturan serta ketentuan yang ada di lembaga pendidikan. Ketiga: Jaga mental, fisik dan kesehatan agar mampu menyelesaikan tugas belajar sampai tahap akhir. Keempat: Tumbuh kembangkan sikap kesetiaan terhadap komitmen untuk menjadi prajurit TNI, bangun terus semangat soliditas sesama peserta didik. Kelima: Jaga Kehormatan diri dan jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun sampai tahap akhir pendidikan”. Tegas Mayjen TNI Benny.

About Admin Kodilat TNI

Check Also

MINGGU MILITER, PENCERAHAN HUKUM

Kodiklat TNI melaksanakan kegiatan Minggu Militer dengan  acara pengarahan, yaitu kegiatan pencerhan hukum. Pada acara …