Home / Pembinaan Satuan / PANGKOARMADA I PIMPIN APEL GELAR PASUKAN LATIHAN KESIAPSIAGAAN OPERASIONAL KOARMADA I TA 2019 DI JICT JAKARTA UTARA

PANGKOARMADA I PIMPIN APEL GELAR PASUKAN LATIHAN KESIAPSIAGAAN OPERASIONAL KOARMADA I TA 2019 DI JICT JAKARTA UTARA

(Dispen Koarmada I) Jakarta, 26 Maret 2019,– Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertindak selaku Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada I TA. 2019 bertempat di Dermaga JICT II (Jakarta International Container Terminal) Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (26/3).

Pangkoarmada I dalam sambutannya menyampaikan bahwa menyikapi Banglingstra dan situasi nasional serta dalam rangka menghadapi Pemilu 2019, dipandang perlu bagi Kotamaops TNI untuk menyiapkan pengamanan dan pelibatan dalam rangka kontijensi. Untuk itu, perlu penyusunan Rentinkon OMSP (Oeprasi Militer Selain Perang) sebagai tindakan kesiapsiagaan dan cegah dini dalam rangka mengantisipasi kemungkinan eskalasi ancaman, terutama keamanan obyek-obyek vital nasional dari kemungkinan sabotase. Sebagai salah satu Kotamaops TNI, Koarmada I perlu memiliki kesiapsiagaan operasional yang tinggi, dengan kemampuan dan keterampilan yang dapat diandalkan, guna mengantisipasi dan menanggulangi segala bentuk ancaman sabotase obvitnas.

“Gelar pasukan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan, baik materiil maupun personel peserta latihan secara riil. Hal ini juga, untuk menyakinkan kepada saya selaku Panglima, atas kesiapan personel dan materiil pelaku latihan guna mengikuti tahap latihan berikutnya yaitu gladi lapangan. Karena ditahapan ini, akan diuji dan dinilai kemampuan personel dan alutsista dalam pemahaman dan pelaksanaan Rencana Operasi Kayong Sagara-19, kemampuan gelar sistem K3I dan pengujian doktrin, prosedur serta mekanisme Pam Obvitnas yang telah disinergikan dengan protap satuan/instansi/lembaga terkait lainnya pada saat Gladi Mako sebelumnya’, ujar Pangkoarmada I.

Diakhir sambutannya, Pangkoarmada I menekankan kembali pentingnya tindakan purba jaga yang profesional dan proporsional, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan, baik personel maupun material. Untuk itu, laksanakan semua prosedur secara cermat dan benar dalam rangka mewujudkan “zero accident” disetiap kegiatan.

Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada I TA. 2019 melibatkan 650 Personel dengan didukung 6 Unsur KRI Koarmada I yakni KRI Kapitan Patimura-371, KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Torani-860, KRI Tenggiri-865, dan KRI Semarang-593, serta didukung 2 Unsur Pesud TNI AL yaitu Cassa U-6208 dan Heli Bell. Selain itu, juga melibatkan Satkopaska Koarmada I, Dislambair Koarmada I, Lantamal III, Lanal Banten, Tim Intelijen, dan Tim Kesehatan.

Kegiatan dihadiri oleh Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra P, Sip., Selaku Direktur Latihan beserta Tim Staf Latihan Kodiklat TNI, Kepala Staf Koarmada I, Komandan Guspurla Koarmada I, Komandan Guskamla Koarmada I, Komandan Lantamal III, dan Para Pejabat Utama Koarmada I.

About Admin Kodilat TNI

Check Also

PARA ISTERI TNI/PNS MENERIMA PEMBEKALAN DANKODIKLAT TNI

KODIKLAT TNI – Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. yang didampingi oleh …