Home / Pembinaan Satuan / DANĶODIKLAT TNI BUKA LATBANTEM TERPADU TNI TA 2018

DANĶODIKLAT TNI BUKA LATBANTEM TERPADU TNI TA 2018

Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Dankodiklat TNI) Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. membuka Latihan Bantuan Tembakan (Latbantem)Terpadu TNI TA 2018 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir, Desa Sumberwaru Kecamatan Banyu Putih Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Selasa (27/11).

Menurut Dankodiklat TNI dalam amanatnya, tujuan dilaksanakannya Latbantem terpadu TNI yang melibatan Alutsista TNI dari Tri Matra ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prosedur penyelenggaraan bantuan tembakan, agar memiliki kemampuan yang handal dalam menggunakan sarana bàntuan tembakan yang tersedia dalam mendukung tugas Komando Gabungan TNI (Kogab TNI).

Latbantem terpadu TNI TA 2018 ini mengàmbil tema: “Satbantem Kogab TNI menyelenggarakan tembakan bantuan untuk mendukung kampanye militer guna keberhasilan tugas operasi Kogab TNI dalam rangka operasi militer perang (OMP)”.

Alutsista yang dilibatkan pada Latbantem kali ini antara lain : Mortir 81 dari Marinir dan Yonif 509, Meriam Hòw 105 MM dari Marinir dan Yon Armed 8, Meriam Caesar -155 MM dari Yon Armed 12/Kostrad, Roket RM-70 Grad dari Marinir, Roket Astros dari Yon Armed 1/Kostrad, Helly MI-35, Helly Bell 412 dari Penerbad, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) dari Koarmada II Surabaya, Pesawat Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdul Rahman Saleh Malang dan Pesawat F-16 dari Lanud Iswahyudi Madiun.

Sementara itu kegiatan Latbantem ini dilaksanakan selama tiga hari ke depan pada jam”J” yaitu tanggal 28 November 2018 yang rencananya akan dihadiri Panglima TNI dan jajarannya, para Kas Angkatan serta unsur Porkopinda Kabupaten Situbondo.

Kemudian kepada penyelenggara latihan, Dankodiklat TNI mengharapkan agar melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan yang telah dibuat sebagai pertanggungjawaban program kerja.  Pegang teguh referensi yang ada untuk menghindari kesalahan prosedur operasi, koordinasikan dan komunikasikan dengan pihak terkait terutama kowil dan pemda dalam keamanan daerah latihan, tegas Dankodiklat TNI.

Selanjutnya kepada para pelaku Dankodiklat TNI perintahkàn supaya mengikuti jalannya latihan dengan seksama guna dapat meningkatkan kemampuan yang ada dan menjadiķan latihan ini sebagai ajang pengujian sejauh mana kesiapan satuan-satuan korbantem dalam mendukung tugas operasi amfibi, operasi linud, operasi darat dan operasi laut gabungan.

Upacara pembukaan Latbantem Terpadu TNI ini dihadiri oleh: Danpuslat Kodiklat TNI Marsma TNI A Gustaf Brugman, M. Si (Han), Dirlat Kodiklat TNI Brigjen TNI Primartono, S.I.P., Dirjianbang Kodiklat TNI Brigjen TNI Hayunadi, Danpasmar 2 Brigjen TNI Mar Endi Supardi, Kolonel Pnb Meka (Danwing 2 Abdul Saleh), Kolonel Mar Encep Wahyu Gumelar, S.E. MM (Danmen Art 2 Marinir), Kolonel Mar Suliono (Danbrigif 2 Marinir), Kolonel Pas Qodri (As Ops Korpaskhas), Letkol Mar Sikop (Danpuslatpur Marinir-7 Lampon Banyuwangi), AKBP Awan Hariono, SH, SIK, MH (Kapolres Situbondo), Ustad Zuhdi (Perwakilan Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo), Bpk. Soleh (Dinkes Situbondo)

About Admin Kodilat TNI

Check Also

21 PENERBANG PSDP DILANTIK MENJADI LETNAN DUA DAN PENYERAHAN PERSONEL DARI KODIKLAT TNI KE MASING-MASING ANGKATAN

Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto M.D.A hadiri Upacara Praspa  PSDP A-30 Wisuda …