Home / Pembinaan Satuan / DANPUSDIKBANGSPES KODIKLAT TNI BUKA KURSUS PERWIRA PERNIKA HANUD XII/2018

DANPUSDIKBANGSPES KODIKLAT TNI BUKA KURSUS PERWIRA PERNIKA HANUD XII/2018

 

(Kodiklat TNI)- Komandan Pusdikbangspes Kodiklat TNI Laksamana Pertama TNI  Budhiyanto sebagai Irup pada upacara pembukaan Kursus perwira pernika hanud XII/2018. Peserta kursus diikuti dari tiga angkatan, TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang berjumlah 20 orang. Hadir sebagai tamu undangan pada upacara pembukaan diantaranya Kolonel Lek Ade Teguh (Disdikau), Letkol Laut (P) Agus Yulianto (Dansatdik Pa seopslat Pusdikbangspes), Letkol Lek Amzidil (Dirdiklat Pusdiklat). Upacara pembukaan Kursus perwira pernika hanud XII/2018 tersebut dilaksanakan di Pusdiklat Hanudnas Surabaya, (13/3/2018)

Dalam amanatnya Komandan Pusdikbangspes Kodiklat TNI, Negara-negara maju telah memanfaatkan elektronika sebagai bagian dalam operasi peperangan dan bahkan sebagai penentu dalam sebuah operasi militer sejak Perang Dunia ke II. Banyak persenjataan, pesawat militer dan peralatan militer lain yang didisain serta dikendalikan dari jarak jauh bahkan tanpa awak dan dapat merusak sistem komunikasi lawan, dengan hanya mengandalkan gelombang elektro magnetic, infra merah atau elektro optikal. Pada konsep perang modern khususnya perang elektronika, sasaran tidak selalu berupa penghancuran alat-alat tempur atau pasukan di garis depan, namun sasaran perang elektronika adalah gangguan sistem komputerisasi, sistem komunikasi, sistem radar dan gangguan-gangguan elektronik lainnya yang mengakibatkan tidak berfungsinya sistem peralatan  militer lawan. Pada masa kini tentunya perkembangan tentang ilmu perang elektronika akan semakin canggih dan kompleks. Senjata-senjata perang modern masa kini cenderung tidak terlihat agar tidak terdeteksi oleh lawan.

Komandan Pusdikbangspes Kodiklat TNI Laksamana Pertama TNI  Budhiyanto menjelaskan, bagi bangsa Indonesia di tengah-tengah kemajuan jaman dan dalam menghadapi perang modern di masa yang akan datang. Bangsa Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini terus membangun kekuatan perang, yang dilakukan oleh TNI yaitu dengan melengkapi Alutsista dan sistem persenjataan yang lebih modern, tangguh, kuat dan profesional, serta dapat menimbulkan efek detern bagi Negara lain. Namun sampai saat ini belum terwujud secara maksimal perlatan-pelatan untuk perang eletronika atau peralatan penangkal perang elektronika sekelas negara-negara maju tersebut. Akan tetapi, kita tidak boleh menyerah dengan situasi dan keadaan, peralatan yang sederhana akan menjadi kuat apabila diawaki oleh prajurit-prajurit yang memiliki dedikasi dan semangat juang  yang tangguh. Bagi siswa yang akan menempuh kursus ini, seyogyanya harus dapat menjawab tantangan dan kemajuan jaman tersebut, dengan belajar yang tekun dan bersungguh sungguh. Dengan harapan para siswa memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya dan menjaga kesehatan masing-masing, sehingga dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

About Admin Kodilat TNI

Check Also

PARA ISTERI TNI/PNS MENERIMA PEMBEKALAN DANKODIKLAT TNI

KODIKLAT TNI – Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. yang didampingi oleh …