Home / Pembinaan Teritorial / DANKODIKLAT TNI PIMPIN PENANAMAN 10 RIBU POHON

DANKODIKLAT TNI PIMPIN PENANAMAN 10 RIBU POHON

KODIKLAT TNI (22/1),- Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia(Kodiklat TNI) Mayjen TNI Chaidir Serunting Sakti, M.Sc. secara langsung memimpin penanaman 10 ribu pohon di lahan seluas 7 Hektar di Area Rusunawa

Penanaman pohon yang bertema “Kodiklat TNI hijau bersemi “bersih, rapih, sehat dan indah” dalam rangka mendukung gerakan Indonesia menanam 1 milyar pohon yang kedua kalinya dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Tangerang Selatan dan Yayasan Budhi Asi bertempat di Area Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kodiklat TNI. Adapun jenis pohon yang ditanam adalah “pohon trembesi, sengon buto, ketapang, nangka, sawo kecik, rasamala, gamelina dan tanaman keras lainnya”.

Dalam sambutannya Dankodiklat TNI menyampaikan bahwa pelaksanaan penghijauan ini untuk menindaklanjuti kebijakan pimpinan TNI dalam rangka mewujudkan “bersama rakyat TNI kuat, serta meningkatkan kepercayaan rakyat kepada TNI, yang saat ini rakyat percaya bahwa TNI telah dan tetap dekat dengan rakyat”. Kodiklat TNI mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan dan latihan TNI yang bersifat tri matra, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Lebih lanjut Dankodiklat TNI juga menyatakan, kegiatan penghijauan lahan merupakan tindak lanjut dari Kepres 24 tahun 2008 tentang hari menanam pohon Indonesia dan penetapan tanggal 28 Nopember 2008 sebagai hari menanam nasional, serta amanat Presiden RI pada pernyataan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional 2012 tentang kegiatan penanaman  pohon satu milyar.

Di sekitar Kodiklat TNI ada beberapa peluang yang tidak boleh diabaikan begitu saja, sehingga mendorong untuk melaksanakan penghijauan lahan di sekitar kantor Kodiklat TNI, dimana peluang tersebut adalah : Pertama:  Kodiklat TNI mempunyai lahan yang cukup luas yang dapat ditanami pepohonan. Kedua, sekarang musim hujan yang sangat baik untuk menanam pepohonan. Ketiga, Pemda dan Yayasan Budi Asi mendukung bibit untuk penghijauan tersebut, dan Keempat,  Kodiklat TNI memiliki banyak tenaga manusia yang mudah dikerahkan untuk menanam pepohonan.

Selain itu, penghijauan lahan memiliki manfaat ganda yang bersifat produktif bagi kehidupan manusia karena berorientasi pada kepentingan dalam negeri, yakni dalam rangka  budidaya tanaman serta bersifat konservasi bagi mahluk hidup lainnya. Pemeliharaan dan “pelestarian” alam. Manfaat lain dari penghijauan lahan  ini untuk mendayagunakan lahan kosong, memulihkan lahan kritis, serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Upaya tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam, akibat tanah longsor dan banjir. Hal tersebut juga merupakan bentuk kepedulian dan sumbangsih Kodiklat TNI untuk turut serta dalam melestarikan ekosistem kehidupan.

About master