Home / Pembinaan Satuan / VAKSINASI HEPATITIS

VAKSINASI HEPATITIS

(Serpong-kodiklat tni)- Sebanyak kurang lebih 200 orang personel Kodiklat TNI yang terdiri dari pangkat Perwira, Bintara dan Tamtama mendapatkan pemeriksaan darah dan vaksinasi Hepatitis secara geratis.

(Serpong-kodiklat tni)- Sebanyak kurang lebih 200 orang personel Kodiklat TNI yang terdiri dari pangkat Perwira, Bintara dan Tamtama mendapatkan pemeriksaan darah dan vaksinasi Hepatitis secara geratis. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan wujud perhatian dari Komando Atas akan selalu memperhatikan kodisi kesehatan personel secara deteksi dini. Pemeriksaan dilaksanakan di gedung Adi Soecipto Kodiklat TNI Serpong, Rabu (5/11/14)

(info dari segala sumber) Hepatitis merupakan suatu peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Pada umumnya penyakit ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu hepatitis akut dan hepatitis kronis. Pada hepatitis akut prosesnya berlangsung kurang dari 6 bulan. Sedangkan  pada hepatitis kronis prosesnya lebih dari 6 bulan.

Penyakit hepatitis dapat terjadi karena adanya virus utama dari kelima virus penyebab hepatitis, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatiti C, virus hepatitis D, dan virus hepatitis E. Selain kelima virus tersebut yang menjadi penyebab terjadinya penyakit hepatitis, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh karena infeksi dari virus lain. Contohnya seperti infeksi sitomegalovirus, mononukleosis infeksiosa, dan demam kuning. Terdapat juga hepatitis non virus yang penyebab utamanya adalah alkohol dan juga obat-obatan.

Virus yang cara penyebarannya melalui tinja yaitu virus hepatitis A karena biasanya pada penderita kurang menjaga kebersihan. Pada virus hepatitis B cara penularannya dapat melalui darah seperti halnya para pemakai obat-obatan yang cara pemakaiannya menggunakan jarum suntik secara bersama. Virus hepatitis B ini juga dapat terjadi pada ibu hamil yang akan menularkan virusnya kepada bayi pada saat proses persalinan. Virus hepatitis C dapat menjadi penyebab sedikitnya 80% penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh donor darah. Virus hepatitis D dapat menyebabkan virus hepatitis B menjadi jauh lebih berat. Virus hepatitis E, pada virus ini terkadang dapat menyebabkan wabah penyakit seperti pada virus hepatitis A.

Untuk itu melalui program Dinas Kesehatan Mabes TNI, personel Kodiklat TNI mendapat pemeriksaan darah secara geratis dan rencananya beberapa hari ke depan akan dilaksanakan vaksinasi hepatitis.

(demikian info penerangan kodiklat tni)

About master

Check Also

PARA ISTERI TNI/PNS MENERIMA PEMBEKALAN DANKODIKLAT TNI

KODIKLAT TNI – Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. yang didampingi oleh …