Home / Pembinaan Satuan / KODIKLAT TNI PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA

KODIKLAT TNI PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA

(Serpong-Kodiklat Tni), -Setiap Tanggal 1 Oktober seluruh Bangsa Indonesia memperingati hari kesaktian Pancasila yang begitu bermakna bagi tegakknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(Serpong-Kodiklat Tni), -Setiap Tanggal 1 Oktober seluruh Bangsa Indonesia memperingati hari kesaktian Pancasila yang begitu bermakna bagi tegakknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Telah dilaksanakan Upacara hari Kesaktian Pancasila yang bertempat dilapangan Upacara Moko Kodiklat TNI kota Serpong. Bertindak Selaku Inspektur upacara (Irup) Wadan Kodiklat TNI Brigadir Jenderal TNI Heronimus. Rabu (01/10/2014)

Dalam upacara tersebut, Wadan Kodiklat TNI membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Kodiklat TNI, Selain pembacaan Pancasila dan UUD 1945 dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pacasila tersebut diisi dengan pembacaan Ikrar untuk tetap senantiasa mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Kesaktian Pancasila ini merupakan sejarah yang mana berakar pada sebuah peristiwa tanggal 30 September  1965. Konon, ini adalah awal dari Gerakan 30 September (G.30.S/PKI). Oleh pemerintah Indonesia, pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada saat itu setidaknya ada enam orang Jenderal dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta. Namun, berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila, maka upaya tersebut mengalami kegagalan. Untuk itu, setiap tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam sejarah Republik Indonesia.

 Turut hadir dalam upacara tersebut para Direktur, Komandan Pusdik dan pejabat Kodiklat TNI, bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Laut (KH) Setyo Pranowo S.H., dan sebagai Perwira Upacara  Kapten Arh Akhmad Thohir.

About master

Check Also

WADAN KODIKLAT TNI PIMPIN RAPAT RGB LKO KODAM XVII/CENDERAWASIH

           (Serpong), Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan Kodam-kodam dan Kotamaops jajaran TNI, …